Cara Mudah Menjaga Kesehatan Indra Penglihatan Anda


Berikut beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk menjaga kesehatan mata seiring dengan pertambahan usia.

1.Mengkonsumsi sayuran dan buah
Salah satu sayuran yang paling populer dengan khasiatnya untuk mata adalah wortel. Beta karoten yang terdapat dalam wortel memang ampuh membantu menjaga kesehatan mata, karena antioksidan ini dapat mengurangi resiko degenerasi makula. Selain wortel, sayuran hijau dan buah-buahan berwarna seperti apel, jeruk, stroberi, anggur, dan tomat berkhasiat menjaga kesehatan mata.

2.Banyak minum air
jumlah cairan dari pembuluh air mata dapat menyebabkan mata menjadi kering. Untuk membasahi mata, anda tidak perlu meneteskan air pada mata, cukup dengan banyak minum air setiap hari.

3.Mengkonsumsi asam lemak Omega-3
Khasiat ikan sangat ampuh memperbaiki penglihatan karena kandungan asam lemak omega-3 di dalam ikan dapat melawan sindrom mata kering, degenerasi makula, dan glaukoma. Dengan mengkonsumsi sedikitnya dua porsi ikan setiap ikan dapat mengurangi resiko terkena degenerasi makula. Selain itu, asam lemak omega-3 mampu meningkatkan fungsi pembuluh darah.

4.Menghindari penggunaan obat tetes mata
anda ingin terhindar dari kerusakan mata, sebaiknya anda mengurangi penggunaan obat tetes mata. Jika mata anda sedang mengalami iritasi, tidak masalah menggunakannya. Tetapi jika tidak, sebaiknya jangan dilakukan. Kendati pun harus menggunakan obat tetes mata, jangan sampai berlebihan karena akan memicu kerusakan mata.

5.Menghindari penggunaan lensa kontak lebih dari 19 jam
Penggunaan lensa kontak dalam waktu lama yakni lebih dari 19 jam dapat memicu kerusakan mata permanen dan memberi rasa tidak nyaman pada mata, seperti mata kering. Selain itu, penggunaan lensa kontak juga bisa menyebabkan infeksi pada kornea karena masuknya kuman melalui lensa kontak.

6.Menggunakan kacamata hitam
Saat berada di luar ruangan terutama di tempat yang terkena sinar matahari, sebaiknya anda menggunakan kacamata hitam untuk melindungi mata anda dari sinar UV yang dapat merusak mata.

7.Jangan duduk terlalu lama di depan layar komputer
Cara ini sangat pas untuk anda yang sering beraktivitas di depan layar komputer. Terlalu sering menatap layar komputer dapat memicu mata menjadi lelah. Jika mata anda sudah lelah, beristirahatlah sejenak. Setelah itu, barulah anda bisa melanjutkan aktivitas di depan komputer.

8.Tidak membaca buku di bawah cahaya yang redup
Salah satu penyebab banyak orang berkacamata adalah terlalu sering membaca buku dalam kondisi cahaya yang redup. Agar mata tetap sehat, hindarilah aktivitas membaca di bawah cahaya yang redup karena dapat menyebabkan ketegangan pada mata.

9.Memanfaatkan mentimun
Gunakanlah irisan mentimun yang dingin untuk mengompres kelopak mata. Lakukanlah cara ini secara rutin setiap malam hari untuk menghindari pembengkakan pada mata. Cara ini sangat mudah dilakukan karena anda bisa sambil berbaring di tempat tidur.
Sembilan cara di atas adalah cara-cara sederhana yang dapat dilakukan untuk membuat mata tetap sehat. Jadi, mulai saat ini, biasakanlah untuk memperhatikan kesehatan mata, salah satu dari panca indera yang sangat berperan dalam kehidupan anda sendiri.

Sembilan cara di atas adalah cara-cara sederhana yang dapat dilakukan untuk membuat mata tetap sehat. Jadi, mulai saat ini, biasakanlah untuk memperhatikan kesehatan mata, salah satu dari panca indera yang sangat berperan dalam kehidupan anda sendiri.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
 
Copyright © 2015 Ow.. Baru! - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top