Lho.. Aplikasi Android Bajakan Gentayangan di BB App World

Jelang peluncuran BlackBerry 10, sejumlah aplikasi yang didedikasikan untuk perangkat Android ternyata muncul di BlackBerry App World.

Aplikasi bajakan tentu saja dapat ditemukan melalui situs web seperti appbucket.net dan snappzmarket.com, namun yang mengagetkan ialah aplikasi tersebut muncul di platform resmi, BlackBerry App World.

Melalui situs Reddit, salah satu pengembang yang melaporkan penemuan tersebut berujar, dirinya memperoleh laporan dari dua pengguna melalui email terkait masalah kompabilitas. Demikian dilansir dari CNET, Rabu (9/1/2013).

"Mereka menyebut menggunakan Playbook, tapi saya pikir mereka menjalankan Android ROM di perangkatnya. Saya bertanya ke salah satu dari mereka, apakah mengunduh dengan akun Google dan menjawab bahwa dia menggunakan BB ID bukan akun Google dan mengunduh aplikasi itu melalui BB App World," tulisnya.

Setelah ditelusuri lebih lanjut, ternyata aplikasi besutannya di Google Play telah dikonversi ke APK dan diterbitkan untuk untuk BB App World. "Setengah lusin Aplikasi Android beredar di platform BB App World. Sebagian besar sudah ditangani, namun akunnya masih aktif," jelasnya.

Menurut developer, untuk mengkonversi aplikasi Android ke smartphone BlackBerry cukup mudah. Dan masuk akal bila OS BlackBerry terbaru mendukung aplikasi Android.

Diketahui, RIM resmi merilis versi final dari piranti lunak sistem operasi BlackBerry 10 yang ditujukan ke para developer pada Desember lalu. Rilis termasuk sejumlah tool dan Application Programming Interface (API) untuk memulai coding aplikasi yang ditujukan untuk perangkat BlackBerry 10.

Sementara itu, menurut situs BGR, RIM mengatakan bahwa pihaknya tidak menerima aplikasi bajakan beredar di BB App World. "RIM menghormati kakayaan intelektual. Kami berharap orang lain juga melakukan yang sama," kata Senior Public Relation & Social Media RIM, Alex Kinsella.

Kinsella menambahkan, bila para pengembang menemukan adanya pelanggaran hak cipta di BlackBerry App World, maka mereka dapat mengajukan masalah tersebut. "Konten yang melanggar akan segera dihapus," katanya. 
(fmh)
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
 
Copyright © 2015 Ow.. Baru! - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top